Gatal-Gatal Saat Hamil? Lakukan 7 Hal Ini untuk Meredakannya


Saat hamil, ibu pasti mengalami perubahan, mulai dari perubahan fisik maupun perubahan psikologis. Perubahan yang paling terlihat adalah perubahan pada perut ibu hamil yang mulai membesar. Tak cuma itu, masalah yang juga sering terjadi adalah perut gatal saat hamil.

Apakah normal ibu hamil merasakan gatal pada perutnya?

Gatal pada perut saat Anda hamil merupakan suatu hal yang normal. Rasa gatal ini sering dirasakan oleh banyak ibu hamil. Tidak hanya pada perut, gatal juga bisa dirasakan ibu hamil pada payudaranya. Apa sih yang menyebabkan hal ini?

Perut Anda yang terus membesar saat hamil turut berkontribusi pada rasa gatal yang Anda rasakan. Saat perut Anda membesar, kulit Anda pun ikut melebar. Kulit bisa kehilangan kelembabannya dan menjadi kering, sehingga Anda lebih mudah merasa gatal dan tidak nyaman.

Selain itu, perubahan hormon saat Anda hamil juga dapat menyebabkan rasa gatal di daerah sekitar perut Anda. Hormon estrogen yang meningkat saat hamil dapat menyebabkan kulit Anda lebih mudah gatal. Namun, hal ini akan menghilang saat Anda sudah melahirkan.

Namun, gatal saat hamil juga bisa disebabkan oleh kondisi kulit lainnya, seperti eksim. Eksim bisa terjadi saat Anda hamil, mungkin Anda baru pertama kali mengalami hal ini. Jika Anda mengalami eksim saat hamil, Anda akan merasakan gatal pada setiap lipatan kulit Anda, seperti di bagian dalam lutut atau siku.

Atau, jika gatal pada perut Anda juga disertai dengan ruam, Anda mungkin mengalami erupsi polimorfik pada kehamilan. Biasanya hal ini terjadi pada trimester akhir kehamilan dan ini tidak berbahaya bagi Anda maupun janin. Kondisi ini bisa hilang begitu saja selepas Anda melahirkan.

Bagaimana cara mengatasi perut gatal saat hamil?

Gatal pada perut atau bagian lainnya saat hamil dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda tidak bisa sembarangan karena bisa saja gatal Anda malah menjadi lebih buruk. Berikut ini merupakan cara-cara untuk mengatasi gatal saat hamil:

1. Jangan digaruk

Saat Anda merasa gatal, pasti dengan spontan Anda akan menggaruknya. Namun, menggaruk ternyata bukan hal yang baik untuk mengatasi gatal. Menggaruk hanya akan membuat kulit Anda menjadi iritasi.
2. Oleskan pelembab pada kulit Anda

Gatal bisa disebabkan oleh kulit Anda yang terlalu kering dan tidak lembab. Oleh karena itu, Anda perlu memakaikan pelembab pada kulit Anda untuk mengatasi gatal. Sensasi dingin yang dirasakan Anda setelah memakai pelembab juga dapat membuat Anda lebih nyaman. Anda bisa mengoleskan pelembab pada kulit Anda sesering mungkin selama kandungan bahannya aman untuk kehamilan. Hindari produk yang mengandung urea, minyak esensial, asam salisilat, atau retinoid.

3. Oleskan krim antigatal

Jika mengoleskan pelembab belum mampu mengatasi gatal Anda, Anda bisa pakai cara lain. Anda bisa mengoleskan krim antigatal pada daerah yang Anda rasa gatal. Bedak dingin yang juga mempunyai kandungan antigatal mungkin juga bisa Anda pakai untuk mengatasi gatal.

4. Hindari mandi air hangat

Mandi air hangat mungkin dapat membuat tubuh Anda lebih segar dan berenergi. Namun, cara ini kurang bisa mengatasi gatal Anda. Mandi air hangat justru dapat membuat kulit Anda menjadi lebih kering, sehingga Anda akan lebih mudah untuk gatal.

5. Hindari keluar rumah saat cuaca sedang panas

Panas dari sinar matahari dapat membuat kulit Anda menjadi lebih kering, sehingga Anda lebih mudah gatal. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari keluar rumah saat cuaca sedang panas. Sinar ultraviolet dari matahari juga dapat memicu ruam pada kulit yang kering.

6. Taruh kompres dingin pada area yang gatal

Mengompres daerah yang gatal dengan air dingin dapat membantu Anda mengatasi rasa gatal. Sensasi dingin yang Anda rasakan juga dapat membuat Anda lebih nyaman.

7. Pakai pakaian yang kering, bersih, dan longgar

Pakaian yang Anda pakai tentu bergesekan dengan kulit Anda dan ini bisa menjadi penyebab Anda gatal. Oleh karena itu, sebaiknya pilih pakaian yang bersih dan kering, serta yang nyaman Anda pakai. Pakaian yang longgar dan ringan mungkin membuat Anda nyaman saat memakainya.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gatal-Gatal Saat Hamil? Lakukan 7 Hal Ini untuk Meredakannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel