Viral Persalinan di Bidan Novel dengan Teknik Tiup-tiup Tanpa Mengejan, Ini Tarifnya

 Melahirkan bisa sangat menyakitkan bagi wanita yang memilih prosedur normal. Tapi, hal ini tidak berlaku bagi wanita yang melahirkan di bidan cantik bernama Novelita Damanik.

Wanita yang akrab disapa bidan Novel ini sedang viral di media sosial karena teknik melahirkannya yang unik. Novel membantu persalinan normal dengan metode tiup-tiup tanpa mengejan dan minim trauma.

Di akun Instagram miliknya, Novel kerap mengunggah video saat membantu proses persalinan. Uniknya, beberapa pasien yang sedang melahirkan selalu terlihat santai dan tak menjerit histeris.

Di salah satu video, seorang wanita yang melahirkan anak pertamanya bahkan melakukan metode tiup-tiup sambil berdandan. Wanita tersebut tampak tersenyum sambil didampingi suaminya.

"Anak pertama tiup tiup sambil mekapan lahir. Padahal ketuban pecah dini," tulis Novel, dikutip dari Instagram @bidan_novel, Kamis (7/1/2021).

Baru-baru ini, Novel menceritakan tentang metode melahirkannya, Bunda. Ia ternyata sudah setahun belakangan menerapkan metode tiup-tiup untuk membantu proses persalinan.

"Itu namanya hypnotherapy. Kalau dari diri saya sendiri, saya belum pernah ikut pelatihan hypnobirthing, tapi saya analisa dari semua pasien saya yang banyak. Saya analisa emosional tiap pasien ini berbeda," kata Novel, dilansir YouTube Trans TV, Kamis (7/1/2021).

Menurutnya, secara alami bayi dalam kandungan sudah tahu kapan akan dilahirkan. Jadi, dia hanya berusaha menolong dengan mengontrol emosi si ibu.

Novel juga memperhatikan kebutuhan pasiennya saat melahirkan lho. Ia selalu berusaha memenuhi semua kebutuhan itu, sambil menjaga emosional pasiennya.

"Sebenarnya, bayi tahu kapan dia lahir dan (kita) pahami rahim kapan berkontraksi. Jadi, ikuti alam saja, hanya kontrol emosional pasiennya dengan cara bercanda, kasih make up dan kebutuhan dia," ujarnya.

Bermula dari analisa, Novel mulai menerapkan metode tiup-tiup ini. Ia juga banyak belajar dari pengalamannya sebagai bidan, Bunda.

"Banyak dari pengalaman diri sendiri. Contohnya, saya jadi bidan saat itu pengalaman satu tahun, saya juga pernah menangani yang panik. Saya butuh proses untuk jadi seperti ini," ucap Novel.

Di klinik bersalinnya, Novel mematok harga berbeda untuk setiap fasilitas melahirkan. Lalu berapa biaya melahirkan dengan bidan Novel?

Tarif melahirkan dengan bidan Novel

Wanita yang membuka praktek di daerah Depok ini memasang tarif khusus untuk ibu yang ingin melahirkan. Tarif ini menyesuaikan fasilitas, Bunda. Berapa kira-kira tarifnya?

"Kalau reguler Rp2,5 juta, lalu private sudah termasuk sofa dan bed itu Rp3,5 juta. Untuk VIP Rp4,5 juta sampai Rp5,5 juta," kata Novel.

Tarif melahirkan ini bisa didiskusikan sebelum proses persalinan lho, Bunda. Bagi pasien yang memang tidak mampu, Novel akan mencoba membantu untuk menyesuaikan tarif bersalin.

Meski begitu, dia cukup tegas untuk masalah yang satu ini. Novel hanya ingin berdiskusi soal tarif sebelum proses persalinan.

"Kadang ada ibu dari segi ekonomi kurang (mampu) dan tidak punya jaminan kesehatan. Asalkan sejak hamil dia ngomong, misalnya punya budget berapa enggak apa-apa," ujar Novel.

"Asal jangan sewaktu lahiran, 'bu saya enggak punya uang'. Karena kalaupun saya tipenya humble, tapi saya tegas," sambungnya.

Sumber: haibunda.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Viral Persalinan di Bidan Novel dengan Teknik Tiup-tiup Tanpa Mengejan, Ini Tarifnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel